Monday, June 20, 2011

10 Hal yang harus diingat oleh Siswa SMA

by Randall S. Hansen, Ph.D.


Bila kamu sekarang sedang berada di bangku SMA, kamu sedang berada di titik besar dalam hidupmu. Kamu berhak menentukan hidupmu ke depan. Dan sekarang adalah saat yang tepat untuk berpikir tentang masa depanmu. Untuk membuat beberapa rencana awal, kamu bisa mengubah beberapa rencanamu. Ingat juga, bahwa para ahli memmprediksikan bahwa seseorang akan mengubah karir (bukan hanya pekerjaan) lebih dari lima kali dalam hidupnya. Nah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengejar impianmu !

Dan ketika kamu mulai berpikir tentang satu hal atau lebih jalur pendidikan dan karir potensial, berikut adalah 10 hal yang perlu diingat kedepannya :


1. Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang kamu ingin lakukan;   bermimpilah dan bayangkan karir yang ideal.

Ada begitu banyak peluang, beragam pekerjaan dan karir di berbagai industri, dan juga jenis karir lainnya.
bahkan jika kamu yakin dengan pilihan karirmu, luangkan waktu untuk melakukan eksplorasi karir. Jelajahi semua pilihanmu, suka atau tidak suka, dan gunakan tes asesmen karir.
contoh : luangkan waktu untuk melakukan tes asesmen karir dan eksplorasi karir guna memperuas visi-mu dalam memilih jurusan yang potensial ataupun jalur karir lainnya.
Contoh: Luangkan waktu untuk beberapa penilaian karir daneksplorasi karir untuk memperluas visi Anda jurusan potensial danjalur karir
2. Tantang diri ketika di SMA, tapi jangan “membanjiri” diri sendiri
Mendapatkan hasil yang maksimal ketika di SMA, ketika kamu bisa, kamu akan mencari jadwal lain, selain di kelas. Kamu akan mengikuti beberapa kursus, yang nantinya akan sangat berguna di Perguruan tinggi. Tapi kamu harus tetap focus pada sekolahmu, jangan sampai kamu overload terhadap jadwalmu sendiri.
3. Bekerja, Relawan, dan Cari Berbagai Pengalaman

Ada banyak kesempatan magang bagi siswa sekolah menengah. Mencari pekerjaan dan relawan pengalaman dalam dan keluar dari sekolah. Dan dari sudut pandang praktis,pengalaman kerja terlihat baik pada aplikasi perguruan tinggi - dan pada aplikasi pekerjaan masa depan dan resume.

Contoh : Bila kamu tertarik pada karir di jurnalistik, mulai menulisuntuk koran sekolah Anda dan melihat ke pekerjaan paruh waktu disebuah koran local.

4. Dapatkan pendidikan sebanyak yang kamu bisa

Generasi saat ini dituntut untuk memiliki pendidikan tambahan atau pelatihan luar sekolah. Beberapa jenis karir juga meminta gelar sarjana untuk kita dapat bekerja di lapangan.

5. Bicara dengan orang-orang dewasa sebanyak mungkin, tentang karir dan perguruan tinggi.

Cara terbaik untuk mencari tahu tentang karir adalah mencari tahu dan berbagai pengalaman dengan keluarga, tetangga, teman, guru, konselor. Jika kamu belum melakukannya, mulailah jaringan dengan orang-orang dewasa untuk dapat membantu kamu dalam pendidikan dan karir usaha.

6. Ingat, bahwa setiap orang memilikii jalan sendiri dalam hidupnya.

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan apa yang orang lain lakukan - atau membiarkan pendapat mereka tentang mimpi dan ambisi mempengaruhi keputusan Anda. Dan jangan khawatir jika kamu meninggalkan SMA tanpa jalur “karir yang jelas” - itu sebagian kuliah apa adalah semua tentang, menemukan siapa kamu dan apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup. 

7. Setiap orang akan berubah, jangan merasa “terkunci” dengan karir-mu saat ini

Ini bagus untuk memiliki rencana ideal untuk kehidupan kamu, tapi ingat bahwa segala hal yang terjadi dan rencanamu mungkin perlu diubah. jadi, tetaplah berpikir terbuka. beberapa temanmu, mungkin sudah tahu (atau mungkin dirimu) mungkin telah tahu apa yang akan kamu lakukan dalam hidup. Jika itu dianggap fantastis, jangan remehkan kesempatan lainnya.



8. Jangan biarkan siapapun mengendalikan mimpi dan ambisimu

Kamu bisa merasa “menderita” bila kamu harus membiarkan orang lain atau orangtua mendikte karir-mu. Hal terburuk yang mungkin kamu lakukan adalah memilih karir untuk menyenangkan orang lain.

So, kamu-lah sebenarnya yang berhak mengendalikan mimpi dan ambisimu.

9. Tidak pernah terlambat dalam membuat rencana

Sekarang adalah waktumu untuk merencanakan sisa tahun sekolahmu juga merencanakan studi setelah SMA.

10. Jangan pernah berhenti belajar, membaca, tumbuh, dan memperluas pikiran-mu.

Masih banyak kesempatan untuk belajar dan mengalami hal-hal baru.  Semakin banyak kamu membaca, semakin kamu akan tahu. Ini klise, tapi pengetahuan adalah kekuatan.


SMA adalah waktu transisi yang nyata untuk remaja, saat kamubergerak ke masa dewasa dan masalah yang lebih dewasa dari pekerjaan, karier, dan perguruan tinggi. Ini harus menjadi waktu pertumbuhan serta waktu tantangan. Bersenang-senang, tapi mendapatkan pendidikan terbaik yang kamu dapatkan sehingga kamu diposisikan untuk mengambil keuntungan dari kesempatan pendidikan lebih lanjut dan di mana pun kamu melanjutkan studi (atau bekerja) setelah SMA,   kamu akan selalu belajar dan berkembang. J


0 comments:

Post a Comment